Jumat, 17 Oktober 2014

‘Jangan Kalian Memakan Bangkai Saudaramu’

10 October, 2014
Sebuah ikhtibar yang dapat diambil dari pemaparan Ustad Arfan M. Alwy dalam pengajian di Masjid Alfurqon. Begitupun berbagai faedah amalnya. Pada pengajian – pengajian yang dilaksanakan, selalu ada nasehat yang dapat diambil darinya.

Misalnya dikemukakan bahwa tiadalah gunanya berprasangka buruk. Karena prasangka buruk itu tidaklah baik, bahkan akan menurunkan derajat kemuliaan seseorang. Begitu ungkap  Ustad Arfan M. Alwy pada Kamis Malam belum lama ini.

Ia mengutip sebuah kisah dalam sebuah hadist, dimana ‘Ubaid r.a, dia berkata : “Di masa Rasulullah SAW, beliau memerintahkan orang-orang berpuasa selama satu hari. Lalu mereka pun berpuasa. Saat itu ada dua orang wanita berpuasa, dan mereka sangat menderita karena lapar dan dahaga pada sore harinya. Kemudian kedua wanita itu mengutus seseorang menghadap Rasulullah SAW, untuk memintakan izin bagi keduanya agar diperbolehkan menghentikan puasa mereka.

Sesampainya utusan tersebut kepada Rasulullah SAW, beliau memberikan sebuah mangkuk kepadanya untuk diberikan kepada kedua wanita tadi, seraya memerintahkan agar kedua-duanya memuntahkan isi perutnya ke dalam mangkuk itu. Ternyata kedua wanita tsb memuntahkan darah dan daging segar, sepenuh mangkuk tersebut, sehingga membuat orang-orang yang menyaksikannya terheran-heran.

Dan Rasulullah SAW bersabda : “Kedua wanita ini berpuasa terhadap makanan yang dihalalkan Allah tetapi membatalkan puasanya itu dengan perbuatan yang diharamkan oleh-Nya. Mereka duduk bersantai sambil menggunjingkan orang-orang lain. Maka itulah ‘daging-daging’ yang mereka pergunjingkan.” (H.R.  Ahmad)
“Orang yang menggunjing dan mendengarkan gunjingan, keduanya bersekutu dalam perbuatan dosa.” (H.R. Ath-Thabrani)

“...Mereka itu adalah orang-orang yang suka mendengar berita dusta dan banyak memakan yang haram....” (Al-Qur’an Surat Al-Maidah : 42)

Allah S.W.T berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah oleh kalian sebagian besar dari rasa curiga kepada sesama mukmin. Karena rasa curiga (prasangka buruk) kepada sesama mukmin itu dosa. Janganlah kalian memata-matai sesama mukmin. Janganlah kalian menggunjing satu sama lain. Patutkah seorang diantara kalian dengan senang hati memakan daging baNgkai saudaranya.? Tentu kalian benci hal itu. Taatlah kepada Allah. Sungguh Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang kepada sesama makhluk-Nya.” (QS: Al-Hujuraat:12).

Demikianlah sebuah kisah yang diungkapkan, dapat dijadikan pelajaran bagi kita dalam setiap pergaulan dalam kehidupan bermasayarakat. Seruannya, mengajak kita untuk meninggalkan sikap-sikap seperti itu, karena bukan sebuah kebaikan, malah akan membuat dosa besar bagi pelakuknya. Wallohu’alam.(*)
BY : CANDRA SETIA

Sumber : http://www.assajidin.com/2014/10/10/319/jangan-kalian-memakan-bangkai-saudaramu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar